Rabu, 09 Januari 2013

PRILAKU KONFORMITAS PADA REMAJA YANG BERADA DI LINGKUNGAN PENGGUNA GADGET



Setiap orang dalam pribadinya pasti mengalami yang namanya perkembangan dalam hidupnya, baik secara fisik maupun psikologis. Masa remaja merupakan suatu masa yang lebih diperhatikan, karena masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak, rasa ingin tahunya tinggi, adanya keinginan untuk diakui dikalangannya. Menurut Fatimah (2006) masa remaja merupakan waktu yang paling berkesan dalam kehidupan individu. Kelompok teman sebaya memberikan sebuah dunia, tempat remaja dapat melakukan sosialisasi dalam suasana dimana nilai-nilai yang diletakan oleh orang dewasa, melainkan leh teman-teman seusianya (Hurlock, 1996).
Pada saat ini jaman berkembang dan berubah dengan cepat, remaja merupaka salah satu kelompok yang rentan untuk ikut perkembangan tersebut, salah satunya adalah perkembangan teknologi yang sekarang ini lebih dikenal masyarakat umum yaitu Gadget. Definisi gadget sendiri ialah program computer yang menyediakan layanan tanpa memerlukan sebuah aplikasi independen yang akan diluncurkan secara terpisah, melainkan berjalan di lingkungan yang mengelola beberapa gadget. Secara garis besar, pengertian gadget ialah obyek teknologi seperti perangkat atau alat yang memiliki fungsi tertentu dan sering dianggap sebagai hal yang baru. Gadget selalu dianggap sesuatu yang tidak biasa atau sesuatu yang dirancang secara cerdik melebihi objek teknologi normal yang ada pada saat penciptaanya. Contoh gadget sendiri itu seperti Handphone, laptop, Ipods, Ipad, Smartphone dan teknologi canggih lainnya. Dengan adanya perkembangan teknologi gadget, ini mempengaruhi remaja di dalam kelompoknya. Biasanya remaja di dalam kelompok, terbentuk rasa ingin tampil beda atau ingin menyamai teman kelompoknya. Agar tidak dikucilkan, biasanya para remaja selalu mengikuti tren yang ada dilingkungannya, contoh : banyak remaja jaman sekarang yang menggunakan handphone Blackberry, namun dengan perkembangan teknologi yang cepat, sekarang ini banyak remaja yang ingin menggunakan handphone yang lebih canggih lagi, setelah melihat temannya mempunyai yang namanya Smartphone, banyak remaja yang menginginkan Smarphone tersebut saat ini, karena dilingkungan mereka, rata-rata menggunakan Smartphone, sehingga terbentuklah suatu keinginan untuk mengikuti tren tersebut. Untuk bisa mengikuti norma didalam kelompok tersebut tidaklah mudah, karena setiap individu mempunyai status sosial yang berbeda-beda, mau tidak mau mereka harus berusaha untuk bisa mengikuti apa yang telah menjadi tren dilingkungannya. Pada saat mereka mulai mengikuti itulah remaja tersebut dihadapkan pada situasi conform terhadap lingkungannya. Konformitas sendiri ialah suatu bentuk perilaku sikap, dan keyakinan yang ditampilkan oleh sesorang baik karena adanya tekanan dari kelompok maupun yang hanya ingin berprilaku sama dengan orang lain dan mengindahkan nilai-nilai yang berlaku. Tujuan dari sikap conform itu membuat kesan yang baik agar dapat diterima oleh kelompoknya atau orang lain. Karena itu biasanya remaja yang berada didalam lingkungan atau kelompok pengguna gadget, ingin berprilaku sama dengan kelompoknya, agar individu tersebut tidak merasa berbeda dengan kelompoknya. Hal ini banyak terjadi pada remaja jaman sekarang, mengingat jaman sekarang gadget merupakan hal yang tabu untuk diikuti perkembangannya terutama dikalangan remaja, semakin remaja tersebut mengikuti perkembangan, semakin banyak juga tingkat konformitas dilingkungan kelompoknya yang ingin berpenampilan sama dengan remaja tersebut.

Sumarlin, R. Prilaku konformitas pada remaja yang berada dilingkungan peminum alcohol. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Paseban. (2012). Tahukah anda apa itu gadget?.www.m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=7000. Akses tanggal 8 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar